Header AD

Ads

Jenis-jenis Gamer Masa Kini, Yang Tidak Banyak Dikenal "Menurut Survei"


Jika kamu seorang pecinta game sejati yang memiliki passion di dunia game dan memahami betul segala aspek yang ada di dalam game, kamu pantas untuk disebut sebagai seorang gamer. Maka dari itu jenis gamer apakah kamu? Apakah kamu seorang gamer kasual yang senang bermain game di perangkat smartphone? Atau kamu adalah gamer hardcore yang mengoleksi berbagai jenis konsol dan gamenya.


Saat berbicara tentang sosok dan kepribadian seorang gamer, topik kasual dan hardcore biasanya jadi topik perbincangan yang menarik. Ada beberapa tipe orang dalam bermain game yang memiliki tujuan mereka masing-masing, mulai dari yang bermain game hanya untuk menghilangkan bosan, pelampiasan stress, atau ada yang menjadikannya sebagai sebuah penghasilan/profesi.


Perusahaan analisis Newzoo meneliti beberapa tahun belakangan ini mengenai kepribadian seorang gamer, yang berhasil menemukan delapan jenis gamer masa kini yang mewakili kebiasaan dan intensitas hobi dari para gamer.



Pasti kamu sudah penasaran kan? Dengan jenis-jenis gamer masa kini yang tidak banyak diketahui orang-orang. Supaya kamu nggak mati penasaran  "yuk" simak pembahasan lengkap kami, sebagai berikut:


1. Time Filler (27%) - Gamer Just For Fun


Time Filler merupakan kategori gamer dengan tingkat pemain lumayan besar, yang sebagian besar penggunanya adalah penikmat game bertema casual. Dengan kata lain, mereka bermain game hanya karena bosan atau cuma mengisi waktu yang luang saja. Seperti saat sedang dalam perjalanan panjang, yang tidak memperbolehkan penggunaan internet.


Mereka lebih memilih untuk bermain game dengan sistematis sederhana, seperti Pacman, Tetris, dan Candy Crush, yang dapat dimainkan secara santai, dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan interaksi yang panjang.


2. Cloud Gamer (19%) - Gamer PC


Berikutnya kategori gamer tipe hardcore yang setia menggunakan platform download game PC seperti Steam, Xbox Live, PS Store, Epic Gaming Store, Uplay, dan Origin. Sebagai sarana yang mereka gunakan untuk men-download berbagai jenis game yang mereka ingin mainkan pada perangkat PC mereka.


Mereka juga mengincar berbagai judul-judul game free-to-play  atau ada juga dari mereka yang rela menunggu berbulan-bulan demi game yang mereka incar itu diskon atau bahkan sampai digratiskan. Cloud Gamer sendiri bisa dibilang tergolong pelit dalam membeli game dan hanya membelinya ketika benar-benar game yang mereka sukai, bahkan mereka meng-upgrade PC jika hal tersebut diperlukan.


3. Popcorn Gamer (13%) - Gamer Hobi Nonton E-sport


Selanjutnya ada Popcorn Gamer, jenis kategori gamer yang hampir serupa dengan suporter sepakbola. Hal yang membuatnya berbeda dapat dilihat dari caranya memberikan dukungan. Jika sekelompok suporter klub bola mendukung tim kesayangannya secara langsung di outdoor, dengan penuh sorak-sorai sepanjang pertandingan berlangsung.


Berbeda halnya dengan Popcorn Gamer yang memberi dukungan terhadap tim E-sport jagoan mereka secara langsung di indoor, dengan tenang dan sorak-sorai yang seperlunya sepanjang pertandingan, karena dapat menggangu konsentrasi pemain.


Jenis gamer yang satu ini bisa dikatakan jago bisa juga tidak, tapi kalau soal menonton orang lain dalam bermain game, mereka tidak dapat diragukan lagi. Mereka biasa menonton orang bermain game melalui berbagai layanan Live Streaming yang tersedia.


4. Ultimate Gamer (13%) - Gamer Kolektor


Diurutan ke-empat ditempati Ultimate Gamer, jenis gamer yang hobi dalam mengoleksi berbagai jenis game dan juga perangkat bermain yang digunakan, yang mereka beli dari berbagai developer game baik yang ternama maupun yang tidak pernah ada dengar sebelumnya. Mereka menghabiskan banyak waktu hanya untuk membeli dan memainkan game.


5. All-Around Enthusiast (9%) - Gamer Sehat Dan Sempurna


Kategori gamer masa kini berikutnya ditempati oleh All-Around Enthusiast. Merupakan jenis gamer yang menikmati segala aktivitas bermain video game tanpa tersulut emosi yang mengakibatkan keluarnya kata-kata "TOXIC".


Mereka senang bermain game, suka membeli game, dan senang menonton orang bermain game, yang merupakan perpaduan sempurna bagi seorang gamer.


6. Hardware Enthusiast (6%) - Gamer Sultan


Hardware Enthusiast merupakan kategori gamer yang bisa dibilang sultan-nya para penggemar game. Bagaimana tidak, bagi mereka membeli konsol gaming diawal perilisannya sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan.


Mereka ingin menjadi orang pertama yang menjajal teknologi baru dalam dunia game, walaupun harga yang harus dibayar tidak sedikit. Mereka bakal menjadi orang pertama yang mengantri di perilisan awal PlayStation 5, yang menurut rumor bakal dirilis pada 26 November mendatang.


7. Backseat Viewer (6%) - Gamer Sibuk


Jenis kategori gamer yang satu ini merupakan mantan gamer, entah itu kasual atau hardcore. Namun kesibukan yang padat membuat mereka tidak memiliki waktu luang untuk bermain game dalam waktu yang lama. Beberapa diantaranya tidak memiliki semangat lagi dalam bermain, sehingga lebih memilih untuk menonton orang main game untuk merasakan kembali passion saat bermain game dahulu.


8. Conventional Gamer (4%) - Gamer Langka


Terakhir dan merupakan kategori gamer yang sudah jarang ditemui, karena kurang orang-orang bermain di tambah para Conventional Gamer yang terpecah menjadi bagian klasifikasi di atas.





Sekian dulu, pembahasan kami mengenai jenis-jenis gamer masa kini yang tidak banyak orang tau berdasarkan survei yang kami ambil dari Newzoo. Jadi jenis gamer yang manakah kamu?.
Jenis-jenis Gamer Masa Kini, Yang Tidak Banyak Dikenal "Menurut Survei" Jenis-jenis Gamer Masa Kini, Yang Tidak Banyak Dikenal "Menurut Survei" Reviewed by Muh Rayhan Ramadhan on Juni 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Ads