Header AD

Ads

Daftar Turnamen Esport Dengan Hadiah Terbesar Di Indonesia


Perkembangan dunia e-sport di Indonesia kini terus mengalami peningkatan yang signifikan. Tak hanya diresmikannya cabang e-sport sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi dalam beberapa kejuaraan nasional maupun internasional. Dengan menarik perhatian jutaan pasang mata, pasalnya hadiah yang ditawarkan tidak main-main.


Dulu, mendengar kemunculan turnamen e-sport di tanah air dengan hadiah yang ditawarkan mencapai ratusan juta, sudah membuat kita ingin sekali memenangkan turnamen bergengsi tersebut. Berbeda halnya sekarang, dimana turnamen-turnamen e-sport dalam negeri dengan prize pool ratusan juta sudah dianggap hal yang lumrah.


Tak hanya ratusan juta hadiah yang dapat disediakan di setiap turnamen bergengsi, negara kita juga mampu menghadirkan sejumlah kompetisi bertabur bintang dengan hadiah miliaran rupiah. Berikut ini beberapa daftar lengkap mengenai turnamen e-sport di Indonesian dengan prize pool/hadiah terbesar.



7. ESL National Championship Season 1 ($ 98 ribu/ Rp 1,4 miliar)


ESL National Championship Season 1, merupakan turnamen e-sport yang diadakan untuk dua game sekaligus yakni Dota 2 dan Arena of Valor (AOV). Turnamen ini berlangsung selama dua bulan mulai dari Januari dan berakhir pada Maret dengan mengusung format permainan single round-robin.


Dalam pertandingan Dota 2 yang berlangsung sangat sengit dengan diikuti 8 tim terbaik dalam negeri, BOOM ID berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Aura E-sport dibabak final dengan skor 3-0.


Sementara itu dalam pertandingan AOV yang diikuti oleh tim-tim terbaik dalam negeri, yang berhasil dimenangkan oleh Evos E-sport usai mengalahkan tim Saudara E-sport dibabak final.


6. Piala Presiden ($ 105 ribu/ Rp 1,5 miliar)


Berikutnya ada Piala Presiden, merupakan turnamen e-sport pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dengan bantuan Indonesia E-sport Premier League (IEPL).


Digelar pada Januari hingga Maret 2019, turnamen yang kualifikasinya diadakan di beberapa daerah di Indonesia ini memperebutkan total hadiah yang mencapai Rp 1,5 miliar.


Selain itu, tiga tim terbaik di Piala Presiden ini masuk ke dalam Pelatnas sebagai persiapan untuk bertanding di Sea Games Filipina lalu.


5. Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 3 ($ 120 ribu/ Rp 1,7 miliar)


Diurutan ke-lima ditempati Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 3. Turnamen yang berlangsung selama 5 bulan ini, melalui berbagai tahapan proses mulai dari babak kualifikasi yang diadakan pada 9-13 Januari 2019.


Dilanjutkan dengan, babak Final Qualifier yang berlangsung selama tiga hari (24-27 Januari 2019). Dimana delapan tim terbaik dari Online Qualifier akan bertarung dengan dua tim yang duduk di peringkat tujuh dan delapan pada season sebelumnya.


Musim reguler yang diadakan pada 16 Februari hingga 31 Maret, setelah babak kualifikasi ini memiliki sistem permainan yang sedikit berubah. Dimana ada 12 tim yang ikut berpartisipasi dari 10 tim pada season 1 dan 2.


Sementara itu, babak Final yang berlangsung pada 5 Mei 2019. ONIC E-SPORT berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan LOUVRE dengan skor telak 3-0.


4. SEACA 2019 ($ 170 ribu/ Rp 2,4 miliar)


Selanjutnya ada SEACA, merupakan turnamen e-sport yang disponsori/diselenggarakan langsung oleh UniPin. Dengan empat game yang dipertandingkan, seperti Dota 2, Free Fire, Player Unknown's Battleground (PUBG) Mobile, dan Tekken.


Kompetisi yang disebut-sebut sebagai salah satu kompetisi game terbesar di Asia Tenggara, yang diadakan langsung di Balai Kartini, Jakarta pada 8-10 November 2019.


Menggunakan sistem pendaftaran terbuka untuk umum, dimana semua tim dan pemain, tak peduli apakah mereka pemain profesional atau amatir, boleh ikut serta dan memiliki kesempatan untuk menang.


3. GESC: Indonesia Dota Minor ($ 300 ribu/ Rp 4,25 miliar)


GESC: Indonesia Dota Minor adalah turnamen e-sport di Indonesia dimana satu-satunya mengadakan kompetisi khusus untuk Dota 2 dengan prize pool yang lumayan besar.


Turnamen ini diselenggarakan pada bulan Maret 2018 di Jakarta, tepatnya di ICE BSD yang berhasil dimenangkan oleh Evil Geniuses.


2. Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 4 ($ 300 ribu/ Rp 4,25 miliar)


Turnamen e-sport dengan hadiah terbesar di Indonesia pada tahun 2019 yang lalu dan menjadi liga E-sport pertama yang menggunakan sistem franchise league di Indonesia. Dengan diikuti delapan tim terbaik.


Berlangsung selama delapan Minggu, mulai dari 23 Agustus sampai 13 Oktober 2019. Pertandingan musim reguler yang diadakan di XO Hall, Tanjung Duren, sementara babak Final yang diadakan di Tennis Indoor Senayan.


1. Free Fire Champions Cup 2020 ($ 580 ribu/ Rp 8,2 miliar)


Terakhir dan merupakan turnamen e-sport dengan prize pool (hadiah) terbesar di Indonesia yang hampir setara turnamen-turnamen e-sport di Eropa.


Dengan mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparekraf), Wishnutama Kusubandio.


Kompetisi yang seharusnya dimulai pada tanggal 19 April 2019, ini harus di tundah usai mewabah Covid-19. Pihak Garena juga mengumumkan turnamen FREE FIRE Indonesia Master 2020 Spring diselenggarakan tanpa ada penonton.


Turnamen Free Fire Champions Cup ini khusus memperlombakan cabang game Free Fire dengan total hadiah mencapai $ 580 ribu/ Rp 8,2 miliar.




Itulah tadi 7 pembahasan lengkap mengenai daftar-daftar turnamen e-sport dengan hadiah terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia dalam sejarah industri video game dalam negeri.

Daftar Turnamen Esport Dengan Hadiah Terbesar Di Indonesia Daftar Turnamen Esport Dengan Hadiah Terbesar Di Indonesia Reviewed by Muh Rayhan Ramadhan on Juni 07, 2020 Rating: 5

1 komentar

  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D
    WA;+855969190856

    BalasHapus

Post AD

Ads