Header AD

Ads

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game


Game saat ini bisa dibilang sebagai gaya hidup bagi sebagian orang, terutama gamer yang sebagian besar waktunya dihabiskan hanya untuk bermain game. Tentu saja hal itu memberi dampak pada kesehatannya, aktivitas sosial, fisik , dll. Tapi game tidak hanya memiliki dampak negatif saja ada juga hal positif yang bisa kita ambil.


Berikut ini beberapa penjelasan apa saja dampak positif dan negatif dari sebuah game:


Dampak Positif Game


1. Belajar bekerja sama


Dalam bermain game online seperti battlefield kerja sama tim dan kekompakan sangat diperlukan untuk meraih kemenangan. Nah, disini kamu belajar bekerja sama dengan orang lain dan juga belajar mengetahui dan mengerjakan peran mu sebaik mungkin.


2. Meningkatkan Kerja Otak


Fokus dan konsentrasi kamu meningkat saat bermain game, terutama ketika kamu menyelesaikan beberapa tugas dari misi atau berhasil mengalahkan lawan mu. Selain itu, bermain game dapat meningkatkan keterampilan kognitif, seperti memecahkan masalah dan membuat suatu keputusan.


3. Memiliki Banyak Teman


Ketika kamu bermain game terutama game online, kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang. Mungkin yang awalnya hanya sekedar membicarakan strategi dalam permainan, lama kelamaan bertemu di dunia nyata.


4. Mengurangi Stres


Seperti yang kita tau, bahwa game diciptakannya untuk menghibur kamu di kala waktu senggang. Dengan bermain game, otak akan sibuk mengolah informasi yang ada di dalam game, sehingga kamu seakan-akan lupa terhadap masalah yang kamu alami untuk sementara waktu. Maka dari itu, bermain game bisa dikatakan sebagai sarana penghilang stres bagi sebagian orang.


5. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris


Game pada dasarnya berbahasa Inggris yang tidak mungkin semua game diartikan dalam bahasa Indonesia. Nah, dalam penggunaan bahasa Inggris inilah yang mengharuskan kita memahami kosakata bahkan kalimat dalam bahasa Inggris. Kebanyakan  anak-anak yang bermain game lebih tau kosakata bahasa Inggris dibandingkan anak-anak yang tidak bermain game.


Baca juga: Apa Itu Game?!
                   Jenis-jenis Game Online Maupun Offline

Dampak Negatif Game


1. Kesehatan Mata Terganggu


Menatap layar monitor atau ponsel, dalam waktu yang lama saat bermain game otomatis akan merusak kesehatan saraf mata.


2. Kurang Tidur


Biasanya ketika kamu terburu-buru dalam menyelesaikan misi atau keasikan dalam bermain hingga lupa waktu. Yang mengakibatkan waktu tidur kamu berkurang dan jika terus dilakukan maka akan berdampak pada masalah kesehatan.


3. Menjadi Penyendiri


Bermain game membuat orang suka menyendiri karena mereka butuh ketenangan saat bermain, yang berakibat mereka menjadi lupa dengan orang yang disekitarnya. Meskipun sebenarnya gamer tetap memiliki teman, yang ada di dunia maya.


4. Menghabiskan Waktu Bermanfaat


Jadi waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat tersita dengan bermain game. Misalnya, saat belajar yang seharusnya waktu tersebut digunakan untuk belajar, malah bermain game dan akhirnya belajarnya tidak jadi. Tidak ada salahnya untuk bermain game tapi kewajiban utama harus diselesaikan terlebih dahulu.


5. Menjadi Lebih Agresif


Khususnya anak-anak yang kecanduan dalam bermain game yang mengandung unsur kekerasan, seperti perang-perangan, aksi, dll, biasanya akan lebih agresif dan memiliki emosi yang tinggi.

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Reviewed by Muh Rayhan Ramadhan on Mei 11, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

Ads